Rabu, 23 Mei 2012

Instalasi Jaringan LAN (Sederhana)

Instalasi LAN (Local Area Network) adalah sebuah jaringan komputer yang menghubungkan dua atau lebih komputer dalam satu area, misalnya dalam sebuah kantor, gedung, sekolah, dll. Secara umum tipe jaringan LAN dapat dibagi dua yaitu : Peer to Peer dan Server - Client.
Jaringan Peer to Peer merupakan jenis jaringan yang menghubungkan beberapa komputer dimana setiap komputer mempunyai kedudukan yang sama. dalam artian masing2 komputer berbagi sumberdaya (biasanya tidak lebih dari 10 komputer dengan 1-2 printer). Sedangkan, pada jaringan Server - Client terdapat 1 atau lebih komputer Server dan beberapa komputer Client untuk per Servernya. Komputer yang akan menjadi  Server maupun menjadi Client dapat diubah-ubah melalui konfigurasi jaringan pada protokolnya. Komputer client sebagai perantara untuk dapat mengakses data pada komputer server sedangkan komputer server menyediakan informasi yang diperlukan oleh komputer client.

Untuk membuat suatu jaringan diperlukan beberapa perlengkapan antara lain : 
  • Kabel UTP
  • konektor RJ-45
  • Tang Crimping
  • Lan Tester (kalau ada)
  • LAN Card (biasanya onboard)
  • HUB/ Switch
Pertama-tama kupas kulit kabel UTP kira-kira sepanjang 2cm kemudian luruskan kabel-kabel didalamnya dan urutkan warna sesuai tipe jaringan (cros/straight), potong ujung masing-masing kabel menggunakan crimping agar rata dan masukkan kedalam konektor RJ45. Kemudian masukkan RJ45 tadi kedalam slot tang crimping dan tekan.
Lihat gambar.


Pengkabelan tipe Cross biasanya digunakan untuk PC to PC, Hub/Switch/Router to Hub/Switch/Router. Sedangkan tipe straight digunakan untuk jaringan yang menggunakan Hub/Switch/Router. Setelah proses pengkabelan selesai & sudah dipastikan benar, maka sekarang pasang konektor kabel UTP tadi ke Slot Lan Card, satu ke PC dan satu lagi ke Hub. Kemudian kita setting konfigurasi di Windows.
Buka Control Panel > Network Conection, kemudian ikuti langkah-langkah seperti gambar dibawah ini.
Untuk IP address, juga dapat dipilih "Obtain an IP address automatically" sehingga IP address diatur secara otomatis oleh sistem.  
Tips : Untuk PC yg anda fungsikan sebagai SERVER lebih baik menggunakan IP address Manual "192.168.1.1"
Selanjutnya tes koneksi ke komputer lain, misalnya IP addresnya 192.168.1.2, maka ketik di menu run "ping 192.168.1.2" tanpa tanda kutip kemudian tekan Enter. 
Bila koneksi berhasil maka akan tampil di command prompt sebanyak 4 kali tulisan : "Replay from 192.168.1.2.......". 
Dan apabila komputer anda sudah terkoneksi dengan internet maka anda dapat langsung mencoba membuka satu situs website.
Jika seumpama masih belum bisa terkoneksi, maka periksa ulang konfigurasinya, mencoba memilih IP address lain atau merubahnya menjadi otomatis. Dengan asumsi jika pengkabelan sudah anda pastikan benar. Dan apabila anda masih ragu dengan pengkabelannya, maka lakukan pengetesan ulang dengan LAN Tester.

Semoga Bermanfaat... :)

                                                                                                                Hormat Saya,

                                                                                                               Penulis Artikel,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar